Rabu, 16 September 2009

Manfaat Madu Lebah Asli bagi Kesehatan

Madu Lebah Asli

Madu adalah suatu cairan yang dihasilkan oleh koloni lebah, ada beberapa tipe atau jenis madu yang kita jumpai. Pertama madu yang berasal dari peternak lebah yang melalui proses perawatan dan pemeliharaan. Madu liar sering kita jumpai dipohon-pohon atau dirumah yang koloni lebah membuat sarangnya didinding atau didaerah yang tinggi pada rumah.

Selain perbedaan asal madu terdapat juga perbedaan rasa kasiat dan tempat habitat lebah melakukan proses untuk menghasilkan madu. Pertama kita akan mengkaji madu yang berasal dari peternakan lebah . Lebah yang diternak oleh peternak diberikan makanan berupa ampas tebu, dan beberapa bunga yang ada disekitar peternakan. Rasanya juga sangat berbeda dengan madu yang dihasilkan lebah yang liar.Selain rasa, madu peliharaan memiliki cairan yang berbeda dengan madu liar, sifat madunya lebih kental dan warna madunya agak kehitaman ( tergantung dari bunga tanaman yang dikonsumsi oleh lebah )

Ada beberapa orang untuk melakukan test terhadap madu yang baik/asli yaitu dengan beberapa cara :
1. Dengan melihat warna madu dan kekentalanya
2. Rasa dari madu apakah rasa gula atau agak pait sehingga terasa dikerongkongan paitnya
3. Mengambil cairan madu satu tetes saja lalu diletakan diatas kertas apakah madu ini
tembus koran ( kalau ada kandungan air pasti kertas menyerap cairannya ) dan tidak
biar ketika diteteskan sangat berbeda dengan air .
4. Memasukan kuning telur ayam kampung kedalam gelas yang berisi madu apakah telur itu
menggumpal atau kalau biasanya orang sering mengatakan telur dapat masak ketika kita
aduk dengan madu .

Setelah kita mengetahui bahwa madu yang kita beli betul-betul asli, madu memiliki beberapa kasiat bagi kesehatan yang mungkin kurang banyak diketahui oleh masyarakat kita . Ada beberapa kasiat madu bagi kesehatan antara lain :
1. Membantu memulihkan stamina ketika kita baru saja melakukan aktifitas yang berat
2. Dapat menyembuhkan beberapa macam penyakit seperti :
- Flu
- Batuk
- Penyakit pernapasan
- Penyakit pada wanita
- dan banyak lagi .
3. Untuk penawar sengatan lebah atau sejenisnya

Madu banyak dimanfaatkan oleh produsen obat sebagai bahan pembuat obat, kalau kita kaji lagi sumber makanan madu berasal dari sari pati tumbuh-tumbuhan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan . Kalau kita rajin mengkonsumsi madu, mudah-mudahan penyakit yang ada pada tubuh kita akan berkurang karena racun atau virus penyakit akan dinetralisir oleh madu...

Madu dapat kita minum dengan teh atau kopi pengganti gula, atau kita membuat minuman sirup madu yang rasanya enak yang akan membuat anda kecanduan. Tunggu apalagi segeralah minum madu baik bagi orang dewasa maupun anak-anak karena madu tidak memiliki efek samping seperti obat-obatan. Selain itu madu dapat membantu perkembangan otak anak kita, zat-zat yang ada pada madu dapat memberikan kecerdasan bagi anak kita .

Madu hutan atau madu sialang banyak diminat orang dan sangat sulit didapati, madu ini banyak terdapat dipropinsi Sumatera, kalimantan, Irian yang masih memiliki hutan dan beraneka tanaman .

Demikianlah sedikit artikel yang dapat saya bagi-bagikan dalam blog ini semoga bermanfaat bagi kita semua . Untuk yang berminat akan madu ini dapat menghubungi penulis pada hp.08127637978 , tapi penulis tidak bisa menjanjikan untuk memenuhi pesanan karena jumlahnya terbatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar